Minggu, 24 Maret 2013

4.7 Pelayanan kepada pelanggan

4.7 Pelayanan kepada pelanggan

4.7.1 Laboratorium harus mengupayakan kerja sama dengan pelanggan atau perwakilannya untuk mengklarifikasi permintaan pelanggan dan untuk memantau unjuk kerja laboratorium sehubungan dengan pekerjaan yang dilaksanakan, dengan tetap menjaga kerahasiaan terhadap pelanggan lainnya.

CATATAN 1 Kerja sama tersebut dapat mencakup : 
a) penyediaan akses kepada pelanggan atau perwakilannya ke bagian yang relevan di laboratorium untuk menyaksikan pengujian dan/atau kalibrasi yang dilakukan untuk pelanggan yang bersangkutan;
b) penyiapan, pengemasan, dan penyerahan barang yang diuji dan/atau dikalibrasi yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk tujuan verifikasi.

CATATAN 2 Pelanggan menghargai terpeliharanya komunikasi, saran dan pedoman yang baik dalam masalah teknis, dan pendapat serta interpretasi berdasarkan hasil. Komunikasi dengan pelanggan, terutama dalam pekerjaan yang besar, sebaiknya dipelihara selama pelaksanaan pekerjaan. Laboratorium sebaiknya memberi tahu pelanggan dalam hal terjadi keterlambatan atau penyimpangan yang besar dalam pelaksanaan pengujian dan/atau kalibrasi.

4.7.2 Laboratorium harus mencari umpan balik, baik positif maupun negatif dari pelanggannya. Umpan balik tersebut harus digunakan dan dianalisis untuk meningkatkan sistem manajemen, kegiatan pengujian dan kalibrasi serta pelayanan pelanggan.

CATATAN Contoh dari jenis umpan balik termasuk survai kepuasan pelanggan dan kaji ulang terhadap laporan pengujian atau kalibrasi dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar